ADVERTISEMENT

Seragam Kebesaran Keraton Agung Sejagat Dirancang 'Sang Ratu'

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 14:53 WIB
'Raja dan Ratu' Keraton Agung Sejagat (Foto: dok. Istimewa)
Semarang - Toto Santoso (42) dan Fanni Aminadia (41) bikin geger karena mengklaim sebagai Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. Rupanya seragam kebesaran ala kerajaan itu didesain sendiri oleh 'si ratu' Keraton Agung Sejagat yang bergelar Ratu Dyah Gitarja itu.

"Yang merancang pakaian ini permaisuri, ini menurut keterangan sang raja. Itu permaisuri yang rancang seragam," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iskandar Fitriana Sutisna di Mapolda Jateng, Semarang, Rabu (15/1/2020).


Seragam Keraton Agung Sejagat itu berwarna hitam. Ada sejumlah pin dan emblem yang disematkan pada pakaian tersebut.

Seragam kebesaran untuk raja dan ratu itu dibedakan dengan samir warna merah yang diselempangkan dari kanan ke kiri. Sementara para pengikutnya menggunakan samir warna kuning lengkap dengan topi.

Seragam Kebesaran Keraton Agung Sejagat Dirancang 'Sang Ratu'Perbedaan seragam kebesaran 'Raja dan Ratu' hingga para penggawa Keraton Agung Sejagat (Rinto Heksantoro/detikcom)

Kini 'raja' dan 'ratu' itu resmi ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya diyakini telah membuat resah masyarakat dan melakukan penipuan.

"Bukti permulaan yang kami temukan adanya motif untuk melakukan menarik dana dari masyarakat, iuran, dengan cara-cara tipu daya dengan menggunakan simbol-simbol kerajaan, menawarkan harapan baru sehingga orang tertarik menjadi pengikutnya," Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel saat jumpa pers di Mapolda Jateng, Semarang, siang tadi.

Simak video 'Kapolda Jelaskan Modus di Balik Deklarasi Keraton Agung Sejagat'

[Gambas:Video 20detik]

(ams/mbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT