2 Tahun Ngontrak di Sleman, 'Raja' Keraton Agung Sejagat Dicurigai Tetangga

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 12:08 WIB
Rumah kontrakan Toto Santoso, Raja Keraton Agung Sejagat, di Godean, Sleman, DIY, Rabu (15/1/2020). (Usman Hadi/detikcom)
Rumah kontrakan Toto Santoso, 'Raja' Keraton Agung Sejagat, di Godean, Sleman, DIY, Rabu (15/1/2020). (Usman Hadi/detikcom)
Sleman - Pendiri Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Toto Santoso, ternyata tinggal di rumah kontrakan di Godean, Sleman, DIY. Tetangga rumah kontrakan itu sudah lama menaruh curiga terhadap aktivitas Toto.

"Warga sebenarnya sudah dari dulu curiga, tapi kan (enggan) mau bertindak. Kegiatan pastinya belum begitu jelas. Jadi warga bisanya ya cuma memantau saja," kata tetangga Toto, Deki Rinawan (31), saat ditemui di lokasi, Rabu (15/1/2020).


Deki tak mengetahui asal-usul Toto. Sepengetahuannya, Toto mulai tinggal di rumah bercat putih di Jalan Berjo-Pare, RT 05 RW 04, Sidoluhur, sebelum Ramadhan 2018.

"Di sini (Toto) sepengetahuan saya ngontrak karena sistemnya di sini rombongan. Kalau (siapa) yang (membayar biaya) ngontrak-nya, saya kurang paham. Dia tinggal di sini sejak 2018, sebelum puasa. Jadi hampir dua tahun," terangnya.

"Kesehariannya (Toto) di sini terus. Untuk kegiatan kesehariannya saya kurang tahu, karena saya tidak mengikuti kegiatan di sebelah (rumah Toto)," sebutnya.


Toto selama ini disebut jarang bergaul dengan warga. Menurut Deki, Toto tidak pernah berkumpul dengan warga dan tidak pernah melaksanakan gotong royong bersama-sama.

"Itu (kumpul dengan warga) tidak, kalau mengikuti kegiatan warga tidak. Tidak pernah (gotong royong)," pungkas dia.

Suasana kontrakan Toto dan Fanni bisa disaksikan dalam video di bawah.

[Gambas:Video 20detik]

(rih/ams)