TNI Juga Ikut Telusuri Klaim Keraton Agung Sejagat di Purworejo

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 13:17 WIB
Pasutri pendiri Kerajaan Agung Sejagat yang viral, Totok Santosa Hadiningrat dan Dyah Gitarja. (Rinto Heksantoro/detikcom)
Pasutri pendiri Kerajaan Agung Sejagat yang viral, Totok Santosa Hadiningrat dan Dyah Gitarja. (Rinto Heksantoro/detikcom)
Semarang - Kodam IV/Diponegoro ikut mencari tahu terkait klaim berdirinya Keraton Agung Sejagat di Purworejo yang viral. Keraton itu dipimpin pasangan suami-istri Totok Santosa Hadiningrat dan Dyah Gitarja.

"Kalau berita dan info sudah terima dan ada video viral, kita cek," kata Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, setelah menghadiri ulang tahun Pendam IV/Diponegoro di Banyumanik, Semarang, Selasa (14/1/2020).


Teguh belum memerinci tindakan apa yang akan dilakukan TNI terkait temuan ini. Namun Teguh akan mengirimkan anggotanya untuk mengecek ke lokasi dan menelusuri terkait kelompok tersebut.

"Bagaimana tindakan kita nanti, akan bagaimana, kita sampaikan, belum bisa beri kepastian," tegasnya.

TNI Juga Ikut Telusuri Klaim Keraton Agung Sejagat di PurworejoKasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa (Angling/detikcom)


Secara terpisah, Polda Jawa Tengah juga bakal mengirim personel ke Purworejo untuk melakukan klarifikasi soal klaim sejumlah orang yang mendirikan Keraton Agung Sejagat. Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel memastikan pihaknya akan mendalami motif munculnya keraton itu hingga aspek sosial dan sejarahnya.

"Tentunya negara kita adalah negara hukum. Semuanya diatur dan kita akan mempelajari dari berbagai aspek. Pertama dari aspek legalitas, kemudian yang kedua dari aspek sosial. Aspek kultural juga akan kita pelajari, aspek kesejarahan. Akan dipelajari semua. Hari ini baru akan mulai pengumpulan data dan klarifikasi semua," kata Ryco di Mapolda Jateng. (ams/mbr)