Ngeri! Belasan Ular Kobra Masuk ke Rumah-rumah Warga Rembang

Arif Syaefudin - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 12:06 WIB
Kobra yang ditangkap di Rembang. (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang - Warga di Kabupaten Rembang, Jateng, diresahkan 'teror' ular kobra yang mulai memasuki rumah warga. Setidaknya sudah ada 3 titik lokasi ditemukannya belasan ular kobra di perumahan warga.

Kepala bidang pemadam kebakaran pada Satpol PP Rembang, Wiyoto, menyebut ada belasan ekor yang sudah ditangkap baik oleh pihaknya maupun warga setempat sendiri.

"Sudah ada tiga lokasi desa yang ada kasus ular kobra ini, di Desa Sumberjo dan Desa Magersari Kecamatan Rembang, serta Desa Pedak Kecamatan Sulang yang baru-baru ini ramai," terangnya saat ditemui detikcom di kantornya, Senin (13/1/2020).


Ia mengatakan, rata-rata ular ditemukan bersarang di rumah warga. Meski tak sampai memakan ternak, warga resah karena khawatir ular akan menyerang warga termasuk anak-anak.

"Di Sumberjo ularnya cukup besar dan bikin resah warga, sehingga kami tangkap. Di Magersari juga sama. Ini keduanya di tengah pemukiman warga, sehingga langsung bikin resah warga. Khawatirnya kan menyerang. Di Pedak jumlahnya sampai banyak, sebagian besar ditangkap warga sendiri," jelasnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Pedak Kecamatan Sulang, Nasuka, mengatakan ada 11 ekor ular kobra yang ditemukan di wilayah Desanya. Lokasi penemuannya sendiri berada di pedukuhan Pulo di sejumlah rumah dan pekarangan warga setempat.

"Ada 11 ekor totalnya, 1 ekor kita minta bantuan Satpol PP untuk menangkap, yang 10 ekor kebetulan bisa ditangkap warga sendiri kemudian dibakar. Ada 5 rumah yang dimasuki ular, sisanya ketahuan pas di pekarangan," paparnya kepada detikcom melalui sambungan telepon.


"Kampung ini memang dekat dengan sungai dan bambu-bambu. Setahu saya kan seperti ini jadi habitat ular," imbuhnya.

Sejumlah ular yang berhasil ditangkap oleh tim Satpol PP Rembang kemudian dibawa ke pos Satpol untuk dikandangkan. Sampai waktu tertentu ular baru akan dilepas kembali ke hutan agar kembali ke habitatnya.


Simak Juga Video Berikut "Warga Sigi Digegerkan dengan Kemunculan Ular Kobra"

(mbr/mbr)