Flyover Purwosari Solo Dibangun, Arus Lalin Dialihkan ke Sukoharjo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 18:33 WIB
Perlintasan Purwosari yang akan dibangun flyover, Jumat (10/1/2020). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Perlintasan kereta api Purwosari, Solo akan ditutup total selama pembangunan flyover atau jalan layang mulai Februari 2020. Kendaraan besar dari arah Wonogiri akan dialihkan lewat Sukoharjo, yakni di Baki dan Makamhaji.

Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Marwanto mengatakan, angkutan berat mulai diarahkan sebelum masuk Solo. Mereka bisa lewat Langenharjo-Jalan Djlopo-Baki-Pakis arah Klaten.

"Ini berlaku untuk truk sumbu tiga ke atas dan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Nanti di beberapa titik bisa dibuat searah jika diperlukan," kata Marwanto saat dihubungi detikcom, Jumat (10/1/2020).


Kemudian untuk kendaraan kecil dan sebagian truk ke arah Semarang dapat menggunakan Jalan dr Radjiman Solo menuju Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Ini juga merupakan solusi kemacetan di Baki-Pakis.

"Karena kendaraan besar dialihkan semua ke Baki, maka limpahan akibat kemacetan di sana bisa menggunakan jalur Makamhaji," jelasnya.

Setelah melintasi Makamhaji, kendaraan diarahkan memutar balik jika ingin kembali ke timur. Pihaknya menyediakan simpang Gembongan sebagai titik putar balik.

"Jalur ini kami buat satu arah untuk memprioritaskan kendaraan yang mau putar balik," kata dia.


Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Surakarta, Ari Wibowo, mengatakan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) bisa memanfaatkan Jalan Honggowongso. Ruas Pasar Kembang-simpang Ngapeman yang biasanya satu arah ke selatan, kini dibuat dua arah.

"Bus yang mau ke Terminal Tirtonadi bisa lewat Gemblegan-Jalan Veteran-Jalan Honggowongso-Jalan Gajah Mada-Jalan S Parman," ujar Ari.

Simak Video "Konstruksi Jembatan LRT Melayang di Atas Flyover"

[Gambas:Video 20detik]

(bai/rih)