Kapal Terbalik, 3 Nelayan Terombang-ambing di Pantai Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 18:04 WIB
Sebuah kapal nelayan terbalik di muara Jambean, Kabupaten Pekalongan, Selasa (7/1/2020). (Foto: dok. Istimewa)
Pekalongan - Sebuah kapal nelayan terbalik di muara Jambean, Kabupaten Pekalongan. Tiga nelayan dilaporkan selamat, tapi masih terombang-ambing di atas kapalnya yang terbalik.

"Saya dapat informasi tadi jam 15.00 WIB. Padahal kejadiannya menurut nelayan jam 11.00 WIB tadi. Kami masih berupaya evakuasi," kata Komandan Pos AL Wonokerto Peltu (Mar) Pukung saat dihubungi, Selasa (7/1/2020).


Peristiwa yang terjadi di wilayah Kecamatan Wonokerto itu berawal saat kapal berukuran 4 gross tonnage (GT) KM Bintang Sejahtera hendak berlabuh di TPI Jambean. Kapal tiba-tiba terbalik diduga akibat gelombang tinggi. Belum diketahui identitas tiga nelayan tersebut. Sedangkan kapal tercatat milik warga Mulyorejo, Kecamatan Tirto.

"Ada tiga nelayan di situ. Saya khawatir (mereka) dehidrasi. Makanya kami tarik perahu karet dari pos ke sini. Tapi cuaca masih hujan seperti ini dengan ombak besar pula," terang Pukung.

Kondisi saat ini, lanjutnya, turun hujan dan gelombang masih tinggi, sehingga menjadi kendala proses evakuasi.

"Sejak siang beberapa kapal nelayan mencoba mendekat, namun tidak berani karena ombak besar. Dan baru dilaporkan ke kami jam 15.00 WIB tadi," jelas Pukung. (rih/sip)