Duh, Sudah 12 Jam Listrik di Sejumlah Lokasi di Gunungkidul Mati

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 04 Jan 2020 15:31 WIB
Petugas memperbaiki jaringan listrik di Gunungkidul. Foto: Dok PLN
Gunungkidul - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Gunungkidul sejak kemarin, Jumat (3/1) hingga siang tadi merobohkan tiang listrik. Dampaknya di beberapa daerah mengalami listrik padam selama hingga 12 jam.

Salah seorang warga Dusun Gandu, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Amin Setyawan (28) menyebut listrik di daerahnya padam sejak tadi malam. Bahkan, hingga saat ini tak kunjung menyala.

"Dari setengah 12 malam sampai sekarang listrik belum juga menyala. Saya cari-cari karena apa, ternyata karena ada tiang listrik yang roboh," ucapnya kepada detikcom, Sabtu (4/1/2020).

Menurutnya, akibat padamnya aliran listrik membuat aktivitasnya terganggu. Terlebih, jaringan telekomunikasi ikut terganggu dengan padamnya listrik di daerahnya.


"Ini tadi saya cek lagi baru mau diganti tiang listriknya, tapi sampai sekarang belum jadi-jadi juga. Ya semoga bisa cepat menyala lagi lah, karena sudah terlalu lama juga listriknya padam," katanya.

Diwawancara terpisah, Humas PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Rina Wijayanti membenarkan adanya pemadaman listrik di Kecamatan Rongkop. Tak hanya di Rongkop, Rina menyebut listrik padam juga terjadi di Dusun Kedung, Desa Karangtengah dan Desa Piyaman, keduanya masuk dalam wilayah Kecamatan Wonosari.

"(Padamnya listrik sampai 12 jam) karena longsor dan banyak tiang roboh. Tapi sudah dipersempit daerah padamnya, sehingga sebagian sudah menyala dan saat ini PLN masih bekerja (untuk memperbaiki jaringan listrik)," ucapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki menambahkan hujan yang mengguyur Kabupaten Gunungkidul kemarin mengakibatkan belasan pohon tumbang di beberapa titik. Tak hanya itu, guyuran hujan hari ini juga membuat talud longsor di dua titik.

Selanjutnya
Halaman
1 2