Siaga Bencana, Warga Yogya Diminta Belajar dari Siklon Cempaka 2017

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 13:24 WIB
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - BPBD DIY meminta warga menjadikan Siklon Cempaka 2017 dan cuaca ekstrem 2018 sebagai referensi dalam meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan bencana. Apalagi BMKG telah memperingatkan adanya potensi hujan lebat mengguyur Yogyakarta hingga sepekan ke depan.

"Peristiwa dampak Siklon Cempaka 2017 dan Cuaca Ekstrem 2018 diharapkan jadi referensi dalam meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," kata Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/1/2020).

Biwara meminta masyarakat untuk waspada terutama yang tinggal di kawasan rawan banjir dan longsor. Bila hujan deras terus-menerus, masyarakat di kawasan rawan longsor diimbau mencari tempat yang aman dan peka terhadap tanda-tanda akan adanya longsor.


Imbauan ini merespons rilis BMKG yang memprediksi adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang melanda wilayah DIY dari 1-7 Januari 2020. Potensi hujan itu berpotensi menyebabkan banjir, longsor dan pohon tumbang.

"Karena itu saya mengimbau warga masyarakat untuk bersama-sama mengurangi risiko yang terjadi dengan memangkas pohon yang terlalu lebat, terlalu tinggi, yang potensi mengancam keamanan warga atau rumah," tuturnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2