BMKG: Yogya Berpotensi Hujan Lebat Hingga 7 Januari 2020

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 11:56 WIB
Kantor BMKG Yogyakarta. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - BMKG Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta menyampaikan ada potensi hujan lebat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga 7 Januari 2020. Warga diminta waspadai bencana banjir dan longsor.

"(Ada) potensi hujan lebat, waspada banjir dan longsor di DI Yogyakarta 01-07 Januari 2020," kata Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Reni Kraningtyas, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/1/2020).

Reni menjelaskan, potensi hujan lebat ini muncul karena kondisi atmosfer di DIY yang mengalami fenomena skala regional-lokal berupa aktifnya Monsun Asia. Monsun Asia ini menyebabkan terjadi peningkatan pasokan massa udara basah.


"Aktifnya Monsun Asia ini menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia, terbentuknya pola konvergensi sehingga terjadi perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah, serta suhu permukaan laut di wilayah sekitar perairan Pulau Jawa yang cukup hangat," jelasnya.

Selain itu, lanjut Reni, adanya fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) di sekitar wilayah Indonesia juga menyebabkan udara hangat, lembab dan labil, sehingga berpotensi memunculkan hujan sedang hingga lebat.

Simak Video "Pengungsi Banjir Jakarta Jadi 31 Ribu Orang"


Selanjutnya
Halaman
1 2