Libur Tahun Baru, Museum Kretek Kudus Dipadati Pengunjung

Akrom Hazami - detikNews
Rabu, 01 Jan 2020 15:51 WIB
Kunjungan ke Museum Kretek di Kudus. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Kudus - Ribuan wisatawan memadati objek wisata Museum Kretek di Kudus, Jawa Tengah, pada libur tahun baru, hari ini. Diperkirakan jumlah wisatawan meningkat hingga 30% dibanding hari biasa.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus, Kasman Sutiyono, menjelaskan tingkat kunjungan pada libur tahun baru ini meningkat.

"Pengunjung tahun ini meningkat 30%, kami target tingkat kunjungan tahun baru ini, karena ada hiburan barongsai bisa sampai 3000 lebih bahkan sampai 5.000 orang," kata Kasman di Museum Kretek, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus, Rabu (1/1/2020).


Pihaknya mendatangkan kelompok barongsai dari Tangerang. Barongsai ini, kata dia, pernah menduduki peringkat ke-3 dunia. "Salah satu pemain barongsai itu adalah warga Kudus, jadi masyarakat bisa tahu dan terhibur," tutur dia.

"Untuk harga tiket pada libur tahun baru ini Rp 5000, nantinya pengunjung bisa mendapatkan satu porsi minuman teh kemasan juga," ungkapnya.
Libur Tahun Baru, Museum Kretek Kudus Dipadati PengunjungMuseum Kretek di Kudus. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)


Organus Kristopan (19), pengunjung asal Pontianak, Kalimantan Barat, mengaku datang ke museum kretek Karena penasaran.

"Saya berkunjung ke Museum Kretek untuk mengetahui sejarah rokok Kretek sehingga bisa tahu sejarahnya seperti apa," kata dia di lokasi.

"Baru pertama ke museum Kretek, ya penasaran. Saya datang dengan bibi, memang sengaja datang ke museum Kretek," pungkasnya. (mbr/mbr)