Polisi Tangkap Pelempar Kembang Api saat Malam Tahun Baru di Malioboro

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 01 Jan 2020 10:10 WIB
Agung Julianta, korban pelemparan kembang api di Malioboro. (Foto: Humas Polresta Yogyakarta)
Yogyakarta - Aparat kepolisian telah menangkap pelaku pelemparan kembang api ke arah kerumunan massa di Malioboro saat malam pergantian tahun. Pelakunya ialah Abrid Kurniawan (28), warga Yogyakarta.

"Iya (pelaku) sudah diamankan. Dari pihak pelaku sama keluarganya (bersedia) bertanggungjawab untuk pengobatannya (korban)," jelas Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Sutikno, Rabu (1/1/2020).

Pelaku, kata Sutikno, diamankan tidak lama setelah kejadian. Sementara keluarga pelaku langsung mencoba berkomunikasi dengan keluarga korban dan menyatakan siap menanggung biaya pengobatan korban.

"Pelaku kooperatif," sebut Sutikno. "Tapi proses (hukum) tetap berjalan," sambungnya.


Sutikno menerangkan, kini korban masih dirawat intensif di RS Bhetesda Yogyakarta. Sementara untuk pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Pelaku sudah tersangka. Sudah tersangka setelah diperiksa," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, salah seorang pengunjung Malioboro yakni Agung Julianta (sebelumnya ditulis Agung Yulianta) menjadi korban pesta kembang api di malam pergantian tahun.

Kala nongkrong di Simpang Tiga Ngejaman Malioboro, tiba-tiba meluncur kembang api dari arah utara ke selatan, persis mengarah ke kerumunan massa yang berkumpul di Ngejaman, Selasa (31/12/2019) pukul 23.53 WIB.


Akibat insiden itu korban mengalami luka robek di bagian kepala dan sempat mengalami muntah darah. Korban awalnya dilarikan ke RS KPU Kota Yogyakarta, namun kini telah dirujuk ke RS Bhetesda Yogyakarta. (ush/mbr)