Perayaan Malam Tahun Baru 2020

Hujan Angin, Panggung Pasha Ungu di Magelang Ambruk Sore Tadi

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 20:54 WIB
Tangkapan layar video panggung di Alun-alun Kota Magelang ambruk diterjang hujan dan angin kencang, Selasa (31/12/2019) sore. (Foto: dok. Istimewa)
Magelang - Atap panggung utama untuk perayaan malam tahun baru 2020 di Alun-alun Kota Magelang ambruk diterjang hujan disertai angin kencang sore tadi. Panggung itu rencananya untuk manggung Pasha 'Ungu' dan hiburan lainnya.

"Karena kena angin dan hujan lebat, angin kaya puting beliung, yang ambruk (panggung bagian) pinggir sama tengah. Sekarang sudah diperbaiki, musibah ambruk tengahnya, betul (ambruk)," kata Sekda Kota Magelang Joko Budiyono saat dihubungi, Selasa (31/12/2019) malam.


Video ambruknya panggung tersebut tersebar di media sosial maupun grup WhatsApp. Dalam video tersebut, terlihat sejumlah pekerja melompat dan berlari menyelamatkan diri saat bagian panggung ambruk.

Joko mengungkapkan peristiwa itu terjadi selepas pukul 14.00 WIB. Terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

"Jam 2 siang tadi, hujan sangat lebat diiringi angin sehingga panggung rigging yang sudah dibuat mengalami kerusakan karena hujan dan angin, kena musibah itu," jelas Joko.

"Kami harap, kami tetap memaksimalkan agar Pasha 'Ungu' tetap main di Alun-Alun Kota Magelang. Nanti malam tahun baru bisa berjalan dengan lancar lagi," sambungnya.


Sementara itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Magelang Ahmad Ludin Idris menyebutkan, dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan peralatan musik yang berada di atas panggung masih aman.

Adapun dalam malam tahun baru 2020, Alun-alun Kota Magelang menghadirkan Pasha 'Ungu', Fire Dance Foundation, Liong Fosfor, dan band lainnya. Kegiatan ini bertema Malam Gebyar Pariwisata Akhir Tahun sekaligus membuka Pencanangan Tahun 2020 sebagai Ayo ke Magelang Jilid 2 dengan tagline 'Moncer Serius'. (rih/rih)