ADVERTISEMENT

Keluarga Jokowi-Ma'ruf Maju Pilkada, Busyro Ingatkan Prinsip Meritokrasi

Usman Hadi - detikNews
Senin, 30 Des 2019 12:35 WIB
Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Selain putra dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah juga hendak maju Pilkada 2020. Menanggapi hal itu, Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas mengingatkan pentingnya meritokrasi.

"Bangsa ini harus sudah diberikan hak dengan keteladanan dan peneladanan dari elite-elite politik untuk konsekuen menerapkan-meneladankan prinsip the right man on the right job. Prinsip meritokrasi," kata Busyro, Senin (30/12/2019).


Mengutip KBBI, meritokrasi merupakan sistem yang memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memimpin berdasarkan kemampuan atau prestasi, bukan kekayaan, senioritas, dan sebagainya. Busyro mengingatkan pentingnya menempatkan orang yang punya kapasitas dan kapabilitas sebagai seorang pemimpin.

"Dengan demikian siapapun juga jika tidak memenuhi kriteria the right man on the right job, prinsip meritokrasi. Sebaiknya keluarga yang bersangkutan tahu diri walaupun itu kepada anaknya atau keluarganya," lanjut eks Ketua KPK itu.

Busyro menegaskan pesannya ini ditujukan untuk seluruh elite politik. Sebab elite politik adalah representasi dari wakil rakyat, sehingga keputusan yang diambilnya seharusnya mengedepankan kepentingannya umum dibanding pribadi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT