Induk Kobra 1,5 Meter dan Lima Anakan Teror Rumah Warga Brebes

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 19:55 WIB
Ular kobra dievakuasi petugas Damkar dari sebuah rumah di Brebes, Kamis (26/12/2019). (Foto: Dok. Damkar Brebes)
Brebes - Teror ular kobra menyasar permukiman di Brebes, Jawa Tengah. Satu induk dan lima anak kobra ditemukan berada di dalam rumah warga.

"Sudah beberapa hari lalu sering melihat anakan ular kobra. Pertama ada dua ekor ditemukan di ruang dapur," kata pemilik rumah, Toniri (60), Kamis (26/12/2019).

Karena ketakutan, Toniri akhirnya meminta bantuan tetangga untuk menangkap ular berbisa itu dari rumahnya di RT 04 RW 02, Dukuh Bugel, Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes.


Setelah dilakukan pencarian, jumlah ular yang ada di rumah Toniri ternyata sebanyak enam ekor. Satu di antaranya induk dengan panjang 1,5 meter dan lima lainnya masih anak.

Tidak lama setelah menemukan kawanan ular ini, warga melapor ke petugas Damkar Brebes untuk meminta bantuan.

Induk Kobra 1,5 Meter dan Lima Anakan Teror Rumah Warga BrebesUlar kobra dievakuasi petugas Damkar dari sebuah rumah di Brebes, Kamis (26/12/2019). Foto: Dok. Damkar Brebes

Kepala Bidang Linmas dan Damkar Satpol PP Brebes, Sujadi, mengatakan pihaknya mengirim 10 anggotanya untuk mengevakuasi ular kobra dari rumah Toniri.

"Kami sengaja kirim 10 orang karena darurat. Saya khawatir akan mencelakai warga," ujar Sujadi.


Petugas Damkar dibantu warga setempat melakukan upaya penangkapan terhadap enam ular tersebut. Empat di antaranya mati karena dipukul warga dan dua lainnya hidup.

"Yang kami tangkap anakan dua ekor panjangnya 50 cm. Induknya panjang sekitar 1,5 meter tapi sudah mati dipukul sama warga," terang Sujadi.

Meski ular di rumah Toniri sudah diamankan, imbuhnya, warga diminta tetap waspada. Karena dimungkinkan masih ada ular sejenis yang masih berkeliaran.



Hadapi Ular dengan Ember Kosong dan Sapu Ijuk:

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)