Amankan Malam Tahun Baru, Polda Jateng Terjunkan Penembak Jitu

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 17:43 WIB
Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, Kamis (26/12/2019). (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Magelang - Polda Jawa Tengah menerjunkan sniper atau penembak jitu untuk mengamankan malam Tahun Baru. Penembak jitu akan ditempatkan di sejumlah titik yang dianggap rawan di Jawa Tengah.

"Di beberapa titik-titik tertentu kami tempatkan para penembak jitu untuk memberikan keamanan. Di beberapa titik, hampir semuanya kami tempatkan di Jawa Tengah, termasuk jalan tol," kata Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel, Kamis (26/12/2019).


Hal tersebut disampaikannya kepada wartawan di Mapolres Magelang Kota usai melakukan pemantauan Pos Pengamanan (Pospam) bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi.

Saat disinggung apakah ada penebalan pengamanan, Rycko menyebut hal itu khusus untuk Kota Semarang dan Solo.

"Pemasangan CCTV, khusus untuk Kota Semarang di Kota Lama dan Car Free Night di Kota Solo," jelasnya.

Rycko menambahkan, meskipun perayaan Natal di gereja-gereja sudah selesai, namun aparat masih tetap disiagakan di seluruh gereja. Serta di tempat-tempat untuk perayaan Tahun Baru, pusat-pusat perbelanjaan, tempat hiburan dan fasilitas publik lainnya.


Rycko juga menyampaikan pihaknya melarang penggunaan petasan saat perayaan malam Tahun Baru. Warga diimbau untuk menggunakan kembang api sesuai dengan aturan yang ada.

"Imbauan saya kepada saudara-saudara yang akan melaksanakan kegiatan malam Tahun Baru, pertama patuhi rambu-rambu lalu lintas, cek kendaraan sudah siap atau belum, sudah layak, ya. Rumah-rumah dikunci kalau ditinggal, bahan-bahan yang bisa berbahaya bisa korsleting, dimatikan," pesan Rycko.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jateng dan Pangdam IV/Diponegoro memantau pospam di wilayah Kota Magelang dengan naik motor gede.

Simak Video "Perhatian! One Way Jakarta-Puncak Diberlakukan Hingga Tahun Baru"

[Gambas:Video 20detik]

(rih/rih)