Pecinta Astronomi Pantau Gerhana Matahari di Simpang Lima Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 12:12 WIB
Pecinta astronomi kumpul di Simpang Lima, Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Kota Semarang, Jawa Tengah hari ini mendapatkan fenomena gerhana matahari parsial dengan 68 persen tertutup bulan. Para pecinta astronomi pun mengamati fenomena tersebut.

Salah satu komunitas astronomi, Himpunan Astronomi Amatir Semarang sejak pukul 10.00 WIB sudah mendirikan tenda untuk berteduh di Lapangan Pancasila Semarang. Dua teleskop dipasang untuk melihat gerhana matahari.

"Kita pasang juga filter matahari agar aman," kata salah seorang anggota komunitas, Dwi Lestari, Kamis (26/12/2019).

Lestari mengatakan ia dan teman-temannya sengaja memilih lapangan di Simpang Lima Semarang itu agar mudah dijangkau dan masyarakat juga bisa ikut bergabung untuk mengamati.


"Biar gampang dijangkau umum. Siapa saja boleh ikut ke sini," ujarnya.

Pantauan gerhana itu menurut Lestari akan digunakan sebagai media edukasi ke masyarakat. Nantinya mereka akan memposting foto proses gerhana matahari parsial ke media sosial mereka beserta penjelasannya.

"Visi kita mempopulerkan ilmu astronomi ke masyarakat. Kita di sini juga memberi tahu bagaimana cara mengamati gerhana yang benar," jelas Dwi.


Komunitas yang sudah berdiri sejak 2013 itu akan mengamati saat puncak gerhana pukul 12.48 WIB hingga berakhir pukul 14.28 WIB. Dari pantauan di lokasi, kegiatan mereka cukup menarik perhatian pengunjung Simpang Lima dan beberapa diantaranya ikut mampir mengamati gerhana.

"Di sini tidak kebagian gerhana matahari cincin, tapi nanti tertutup 68 persen," jelasnya. (alg/sip)