Seru! Warga Berebut Gunungan Durian dan Rambutan Ace di Kudus

Akrom Hazami - detikNews
Minggu, 22 Des 2019 17:36 WIB
Festival Ngunduh Durian dan Ace di Kudus, Minggu (22/12/2019). (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Kudus - Gunungan berisi buah durian dan rambutan jenis ace menjadi rebutan warga di lapangan Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Minggu (22/12/2019). Tampak warga berebut tujuh gunungan dari sejumlah pedukuhan kampung dalam Festival Ngunduh Durian dan Ace.

Tiap gunungan setinggi sekitar 5 meter itu sebelumnya dikirab dari Dukuh Pelang menuju lapangan di belakang balai desa setempat. Gunungan penuh durian dan ace ini diletakkan di depan panggung hiburan. Sementara warga sudah mengerubungi gunungan tersebut.

Begitu penilaian selesai dilakukan panitia, warga sontak menyerbu tujuh gunungan. Tak hanya kaum pria, para ibu dan anak pun tak mau ketinggalan. Bahkan warga nekat naik gunungan untuk meraup buah.

Tak sedikit dari warga yang mengalami luka gores di bagian tangannya. Itu akibat terkena duri pada kulit durian saat mereka saling berebut satu sama lain. Kendati demikian, warga tetap menikmati aksi rebutan buah tersebut.


Salah seorang yang terluka adalah Solikul Hadi (27), pengunjung asal Desa Margorejo. Kendati begitu, dia mengaku senang telah mendapatkan durian gratis dari hasil rebutan.

"Rela berdesak-desakan sampai berdarah juga. Yang penting dapat ini (buah durian). Demi dapat buah durian," kata Solikul ditemui di lokasi.

Menurutnya, buah durian dari Dukuh Pelang memang enak. Meski ukuran buahnya kecil tapi rasanya enak.

"Duriannya kecil tapi rasanya manis-manis agak pahit enak," jelasnya.

Seru! Warga Berebut Gunungan Durian dan Rambutan Ace di KudusFestival Ngunduh Durian dan Ace di Kudus, Minggu (22/12/2019). Foto: Akrom Hazami/detikcom

Perwakilan kelompok sadar wisata Gerakan Endahing Margorejo Asri (Pokdarwis Gema), Muhamad Syukur, mengatakan Festival Ngunduh Durian dan Ace ini merupakan agenda rutin.

"Sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka diadakan kegiatan ini," kata Syukur.

Menurut dia, buah yang ada pada gunungan memang merupakan hasil bumi Desa Margorejo.

"Merupakan produk lokal. Buah duriannya lezat dan nikmat. Memang di sini terkenal buahnya," ujar Syukur.


Kepala Desa Margorejo, Sumirkan, menjelaskan di wilayahnya ada ratusan pohon durian milik warga. Pohon itu biasa panen saat Desember dan Januari.

"Ada ratusan pohon. Panennya biasanya saat Desember hingga Januari," kata Sumirkan.

Seru! Warga Berebut Gunungan Durian dan Rambutan Ace di KudusFestival Ngunduh Durian dan Ace di Kudus, Minggu (22/12/2019). Foto: Akrom Hazami/detikcom

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto, menjelaskan pihaknya akan melakukan upaya perlindungan terhadap durian yang merupakan unggulan asal Pelang, Margorejo.

"Yang saat ini sudah diajukan sertifikasinya adalah buah dukuh Sumber. Durian asal Pelang, menyusul," ujarnya. (rih/rih)