121 Desa di Pati Laksanakan Pilkades Serentak Hari Ini

Arif Syaefudin - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 07:54 WIB
Ilustrasi Pilkades (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Pati - Sebanyak 121 Desa di wilayah Kabupaten Pati melaksanakan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak hari ini, Sabtu (21/12/2019). Pilkades tersebar di seluruh Kecamatan se Kabupaten Pati.

Bupati Pati, Haryanto, menjelaskan semula Pilkades serentak direncanakan digelar di 122 Desa. Namun, dalam pelaksanaan proses tahapannya, ada 1 Desa yang rawan gugatan, yakni Desa Ngablak Kecamatan Cluwak sehingga akhirnya ditunda.

"Agar tidak terjadi rawan gugatan, dan kasihan kalau nanti yang jadi dibatalkan berdasar putusan PTUN, kita tunda pelaksanaannya sampai pada periode berikutnya. Karena siapapun yang menang, akan rawan gugatan," kata Haryanto.


Sementara Kapolres Pati, AKBP Bambang Yudhantara Salamun, mengaku menerjunkan sebanyak 1.300 personel gabungan guna pengamanan Pilkades serentak di Pati. Gabungan dari kabupaten tetangga, Direktorat Sabhara Polda Jawa Tengah, serta sat brimob.

"Seperti di Juwana ada 21 desa melakukan Pilkades, jadi keamanan akan lebih banyak. Jadi kami pastikan semua titik apabila ada permasalahan, dan saat itu juga pasukan kami siap menjalankan tugas," paparnya.


Terkait tingkat kerawanan dalam pelaksanaan pilkades, Kapolres menyebut ada 10 Desa yang nantinya akan mendapatkan perlakuan khusus karena dianggap rawan terjadi konflik. Kemudian ada pasukan lain yang bersifat tertutup untuk melakukan pengamanan.

"Personil yang melakukan patroli ini dengan ikatan distrik ada lima kelompok masing-masing 30 personil," imbuhnya.




Tonton juga video Pasutri di Banyuwangi Bersaing di Pilkades:

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)