31 Anak Kobra Ditemukan di Masjid Sukoharjo, Dari Mana Asalnya?

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 15:44 WIB
Sebanyak 31 ular kobra ditemukan di Masjid At-Takwa, Perum Griya Adi, Palur, Mojolaban, Sukoharjo, Kamis (19/12/2019). (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Sukoharjo - Warga digegerkan oleh penemuan 31 anak ular kobra Jawa di dalam Masjid At-Takwa, Perum Griya Adi, Palur, Mojolaban, Sukoharjo. Dari mana asalnya anakan ular tersebut?

Pembina komunitas pencinta hewan Exalos, Janu Wahyu Widodo, menduga ular masuk dari lubang di dalam gudang masjid. Gudang tersebut berada di dekat tempat imam salat.

"Saya cek di dekat pompa air, di bawah tumpukan keramik ternyata ada lubang kecil. Pasti lewat situ, karena tidak ada lubang lain. Ini sudah ditutup lubangnya," kata Janu di Masjid At-Takwa, Kamis (19/12/2019).


Menurutnya, anak-anak ular itu ditemukan pada Sabtu (7/12). Ular-ular itu diperkirakan baru menetas dalam hitungan hari.

"Ukurannya sekitar 15 cm. Saat itu saya perkirakan baru menetas tiga hari," kata anggota Brigif 6 yang bermarkas tak jauh dari lokasi penemuan ular itu.


Janu menjelaskan induk ular kobra sudah tidak berada di sekitar lokasi penemuan. Telur-telur ular ditinggalkan di sekitar gudang masjid diperkirakan karena memiliki suhu yang hangat.

"Kebiasaan ular kobra memang seperti itu, meninggalkan telur di tempat yang hangat, jauh dari predator dan kira-kira ada makanan, seperti cicak atau tikus," ujar Janu.




Tonton juga video Heboh Ular Kobra Masuk Rumah, Begini Cara Menghadapinya:

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)