Induk dan 20 Anakan Kobra Ditangkap Warga di Desa Plosowangi Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 11:05 WIB
Induk kobra yang ditangkap di Plosowangi, Klaten. (Foto: dok. Istimewa)
klaten - Sebanyak 21 ekor ular kobra ditangkap petugas dan warga di Desa Plosowangi, Klaten, Jateng, selama dua pekan terakhir. Salah satunya kobra dewasa atau induk ular, sedangkan 20 lainnya masih anakan.

Tim gabungan petugas dan warga berhasil menangkap induk ular kobra di Dusun Jembangan, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas. Ular sepanjang 1 meter itu ditangkap di lubang bekas instalasi PDAM.

"Itu indukan, tertangkap di bekas tempat meteran PDAM. Di dalamnya ada lubang yang mengarah ke sungai," kata anggota animal rescue Pemadam Kebakaran Pemkab Klaten, Edy Setyawan, kepada detikcom, Selasa (17/12/2019) pagi.


Induk ular itu ditangkap sekitar pukul 01.00 WIB tadi setelah pencarian dilakukan sejak pukul 21.00 WIB. "Jenis kobra Jawa (Naja sputatrix) jumlahnya satu ekor. Panjang sekitar 1 meter," tambahnya.

Menurut Edy, penyisiran dilakukan setelah ada laporan dari Suryoko, pemilik rumah dan bengkel tak jauh dari lokasi. Suryoko melaporkan, dalam dua pekan terakhir, di rumahnya ditemukan 20 ekor anakan kobra.


Menurut Edy, pada Senin (16/12) sore, ditemukan sisa kulit ular di selokan. Dari laporan itu, tim gabungan menyisir lokasi dan menemukan induknya.



Tonton video Saksi Mata: Teror Ular Kobra:

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/sip)