Punya 'Hutan' Parabola di Rumahnya, Roy Suryo Habis Berapa Duit?

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 16 Des 2019 18:55 WIB
Parabola di sudut rumah Roy Suryo di Sleman, Senin (16/12/2019). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Sleman - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, memiliki 'hutan' parabola di rumahnya di Sleman. Berapa biaya yang dihabiskan Roy Suryo untuk memasang belasan parabola itu?

"Soal biaya, seperti biasa saya senyum saja mas, soalnya kan semua dipasang sendiri. Dan kalau soal (parabola yang) mahal dan tidak, saya sekali lagi (senyum) saja," kata Roy melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (16/12/2019).


Ia hanya menyebut pembelian hingga pemasangan parabola-parabolanya itu murni menggunakan uang pribadi.

Roy mengakui parabola-parabola itu sudah dipasang sejak 25 tahun yang lalu.

"Dan itu bukan hiasan atau dekorasi lho, karena semua (parabola yang dipasang di rumahnya) ada fungsinya. Semua parabola masih aktif sampai sekarang, tapi ada satu yang lagi diperbaiki mounting-nya karena antisipasi bahaya angin akhir-akhir ini," jelasnya.


Roy mengungkapkan belasan parabola itu memiliki fungsi masing-masing. Setiap parabola disebutnya terhubung dengan berbagai satelit.

"Fungsi (parabola) memang berbeda-beda, tergantung satelit dan data yang ada di dalamnya. Tetapi, dulu pertama kali yang dipasang memang parabola dengan LNB (Low Noise Blockdown-converter) untuk siaran-siaran TV dan radio mancanegara, cuma sekarang fungsinya sudah banyak berkembang," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2