Pedagang Legowo Pegawai Setwan Dilarang Nongkrong di Angkringan

Usman Hadi - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 15:46 WIB
Angkringan di samping pintu keluar DPRD DIY (Foto: Usman Hadi-detikcom)
Yogyakarta - Pegawai Sekretariat DPRD DIY dilarang jajan maupun nongkrong di angkringan di kompleks Jl Malioboro. Penjual angkringan sudah merasakan berkurangnya pembeli dari dampak kebijakan itu.

"Iya sudah mulai terasa. Bisanya (pegawai Setwan DIY) beli ke sini terus tidak, itu sudah mulai terasa. Ya biasanya sih beli (makanan di angkringan) lalu dibawa masuk, biasanya gitu," kata Susanto (44) saat berbincang dengan detikcom di warungnya di pintu keluar DPRD DIY, Jl Malioboro, Yogyakarta, Sabtu (14/12/2019).


Meski begitu, Susanto tidak keberatan dengan peraturan tersebut. Dia juga memaklumi aturan yang diberikan kepada PNS, anggota staf fraksi maupun pegawai outsourching di Setwan DPRD DIY.

"Ya, kalau dari saya sih nggak apa-apa kalau memang imbauannya dari sana. Tapi kalau memang sekwannya bilang gitu saya mau bilang apa," tutur pria asal Gunungkidul itu.

Simak Video "Merakyat Nikmat! Angkringan Sampai Risol Pedas di Kawasan Blok M Square"



Dia menambahkan selama ini jarang ada pegawai Setwan DIY yang nongkrong di angkringan selama jam kerja. Dia menyebut para pegawai itu biasa jajan di pagi hari sebelum jam masuk kantor.

"Ya biasanya sih kalau (pegawai Setwan DIY) pada beli itu rata-rata pagi sebelum jam kerja, biasanya gitu sebelum jam kerja, biasanya itu. Kalau jam kerja ya nggak ada yang nongkrong, nggak ada, nggak ada," ceritanya.
Pedagang Legowo Pegawai Setwan Dilarang Nongkrong di AngkringanAngkringan di dekat pintu keluar DPRD DIY (Foto: Usman Hadi-detikcom)

Imbauan soal pelarangan jajan ataupun nongkrong di angkringan ini disampaikan Sekretaris Dewan DIY Haryanta secara lisan saat apel pegawai pada Senin (9/12) lalu. Imbauan itu berlaku sejak disampaikan pada Senin (9/12). Dia pun mempersilakan pegawainya untuk jajan atau beli makan di angkringan, tapi tetap tidak boleh makan di tempat.

"Ini khusus jam kantor, kalau mau jajan, beli makan, boleh, tapi dibungkus dibawa masuk ke kantor. Makan di kantor, apalagi di kantor ada kantin," kata Haryanta saat dihubungi detikcom, Jumat (13/12).



Haryanta pun sudah menyiapkan sanksi untuk pegawainya yang bandel. Namun, dia belum menjelaskan detail ancaman sanksi yang akan diberikan ke pegawai Setwan DIY yang bandel.

Dia beralasan nongkrong di jam kerja bakal memberi citra yang tidak baik. Selain itu, berpengaruh pada kinerja pegawai itu sendiri.

"Karena bisa menganggu performa, jajan nongkrong di angkringan, warung koboi. Makan di situ (angkringan), ngopi di situ. Karena kesannya tidak baik, pakai seragam nongkrong di angkringan," ujarnya. (ush/ams)