Beringin Tua Raksasa di Umbul Manten Klaten Diberdirikan Lagi

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 12:04 WIB
Beringin tua raksasa di Umbul Manten diberdirikan lagi (Foto: Acmad Syauqi/detikcom)
Klaten - Pohon beringin raksasa yang berusia ratusan tahun di obyek wisata Umbul Manten, Desa Sidowayah, Polanreharjo, Klaten ambruk gegara hujan dan lisus beberapa waktu lalu. Kini pohon tua itu diberdirikan lagi menggunakan bantuan alat berat ekskavator.

"Kita datangkan alat berat. Ditargetkan dua hari selesai," kata bendahara BUMDes Sinergi Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Sigit Muryanto kepada detikcom, Sabtu (14/12/2019).


Sigit menuturkan pengerahan alat berat sudah dilakukan sejak pagi ini. Sebab, ukuran pohon yang tumbang itu sangat besar dan tidak memungkinkan ditarik dengan tenaga manusia.

"Satu pohon yang ambruk itu ukurannya tiga kali pohon yang masih berdiri. Jadi tidak mungkin dengan tangan," lanjutnya

Beringin Tua Raksasa di Umbul Manten Klaten Diberdirikan LagiBeringin tua raksasa di Umbul Manten Klaten diberdirikan lagi (Foto: Acmad Syauqi/detikcom)

Setidaknya ada tiga pohon tua yang ambruk gegara lisus kemarin Rabu (11/12). Pohon tua raksasa ini pun diberdirikan lagi karena diyakini masih bisa hidup. Sebab, pohon itu masih menyisakan akar yang menancap di tanah.

"Apalagi posisi di tepi kolam. Jadi pasokan air ke pohon tersedia," jelasnya.

Pantauan di lokasi, alat berat itu mulai bekerja sejak pukul 09.00 WIB. Ekskavator itu masuk dari pintu utara dan terpaksa membongkar tembok kolam agar bisa menegakkan pohon di sisi timur dan barat kolam.

Simak Video "Tumbangnya Beringin Besar Tewaskan Seorang Karyawan Restoran"


Selanjutnya
Halaman
1 2