Buya Syafii Setuju Wacana Vonis Mati Koruptor: Tiru China

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 20:47 WIB
Buya Syafii Maarif (Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Eks Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif sepakat dengan wacana hukuman mati bagi para koruptor. Menurutnya, wacana itu bisa dipertimbangkan asalkan memiliki alasan yang cukup.

"Asal alasannya (hukuman mati bagi koruptor) cukup, saya rasa iya (tidak masalah). Tiru China, China kan begitu, di China sana kan begitu," kata Buya Syafii kepada wartawan di UMY, Kamis (12/12/2019).

Korupsi sendiri merupakan extraordinary crime atau kejahatan luar biasa. Menurut Buya Syafii, keberadaan koruptor di Indonesia sudah menggurita sedemikian rupa dan perlu ditindak tegas.

"Memang korupsi ini kan sudah keterlaluan ya, sudah menggurita begitu rupa ya. Dan (korupsi) itu juga salah satu penyebab kemiskinan di kita belum selesai-selesai," paparnya.


Melihat banyaknya tindak korupsi di negeri ini, Buya Syafii memandang wacana hukuman mati bagi para koruptor perlu dipertimbangkan.

"Jadi saya rasa (hukuman mati bagi koruptor) boleh dipertimbangkan lah ya, secara hukum, secara keadilan," pungkas dia.


Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi sempat berbicara mengenai wacana hukuman mati bagi koruptor. Namun wacana itu ditolak Setara Institute karena dianggap melanggar hak untuk hidup. (ush/sip)