Kereta Angkut Semen Anjlok di Blora, KAI Pastikan Jadwal Perjalanan Aman

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 16:07 WIB
Kereta pengangkut semen terguling di Blora. Foto: Dok PT KAI Daop 4 Semarang
Blora - Kereta barang pengangkut semen anjlok di dekat Stasiun Doplang, Kabupaten Blora. Satu lajur rel masih bisa digunakan sehingga disebut tidak ada jadwal kereta api yang tertunda.

"Pola operasi yang digunakan adalah pengoperasian jalur tunggal yang masih berfungsi yaitu jalur hilir. Tidak ada perubahan jadwal, keterlambatan mungkin terjadi," ujar Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro dalam keterangannya, Kamis (12/12/2019).

Krisbiyantoro mengatakan KA barang angkut semen 2704 tergelincir pukul 11.18 WIB. Kereta berangkat dari Stasiun Kampungbandan menuju Stasiun Kalimas dengan menarik 20 gerbong seberat 1.136 ton.


"Rangkaian KA barang semen yang mengalami musibah, pada urutan gerbong ke-10 sampai dengan urutan terakhir," imbuhnya.

Dari peristiwa itu ada dua lajur yang belum bisa berfungsi karena menunggu proses evakuasi. Langkah yang dilakukan KAI yaitu meluncurkan kereta pertolongan dari Stasiun Poncol Semarang dan crane khusus dari Cirebon dan dari Solo. Proses evakuasi pun masih berlanjut hingga saat ini.


"Penyebab kejadian sementara masih dalam pengusutan petugas," tegasnya.

"Kami PT KAI khususnya Daop 4 Semarang menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan dengan terjadinya gangguan perjalanan kereta api," tutup Krisbiyantoro. (sip/ams)