Alasan Kurang Vitamin D, Bupati Tamzil Minta Pindah Sel Tahanan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 14:32 WIB
Bupati nonaktif Kudus, M Tamzil, menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (11/12/2019). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Bupati nonaktif Kudus, M Tamzil, menjalani sidang perdana kasus dugaan suap jual-beli jabatan di Pengadilan Tipikor Semarang. Dalam persidangan, Tamzil meminta pemindahan tempat tahanan dengan alasan di tahanan Mapolda Jawa Tengah ia tidak mendapatkan vitamin D.

Permohonan itu dituangkan tertulis dan diserahkan oleh kuasa hukum Tamzil kepada hakim ketua, Sulistyono. Permohonan itu terkait kondisi kesehatan dan ditambahkan oleh Tamzil kalau dirinya butuh vitamin D.

"Faktor kesehatan, kami tidak kena sinar matahari langsung, kesehatan menurun, kurang vitamin D, sebelum masuk juga dijelaskan kami kurang vitamin D," kata Tamzil, Rabu (11/12/2019).


Tamzil berharap dirinya dipindah ke sel tahanan Lapas Kedungpane Semarang karena ada ruang terbuka dan memungkinkan bisa mendapat vitamin D dan olahraga.

Namun Jaksa Penuntut Umum, Helmy Syarif, kepada hakim menyatakan tidak bisa menerima permintaan terdakwa karena di Lapas Kedungpane ada saksi-saksi terkait kasus suap yang menjerat Tamzil.

"Mengingat permintaan terdakwa, di sana ada saksi yang berkaitan dengan terdakwa," kata Helmy.