Porak Poranda Diterjang Puting Beliung, Umbul Pengging Boyolali Ditutup

Ragil Ajiyanto - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 11:42 WIB
Objek Wisata Umbul Pengging di Boyolali porak poranda diterjang puting beliung. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Diberitakan sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Kecamatan Banyudono dan Kecamatan Sawit Boyolali Selasa (10/12) petang. Sebanyak lima pohon beringin di kawasan cagar budaya kompleks wisata Umbul Pengging, ambruk. Selain itu, bangunan Joglo di lokasi ini juga roboh total.

Objek Wisata Umbul Pengging di Boyolali porak poranda diterjang puting beliung.Objek Wisata Umbul Pengging di Boyolali porak poranda diterjang puting beliung. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom


"Kejadiannya sekitar pukul 17.00 WIB. Awalnya hujan deras, setelah reda anginnya datang, kencang sekali seperti puting beliung. Merobohkan lima pohon (beringin) dan satu rumah Joglo seperti diangkat," ceritanya.


Angin puting beliung berlangsung sekitar 10 menit. Beruntung saat itu para pengunjung sudah pulang, sehingga tidak ada korban jiwa maupun luka.

Pengelola bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) serta BPBD Boyolali masih terus membersihkan lokasi objek wisata ini.

Selain di obyek wisata Pengging, pohon Leses berukuran besar dan berumur ratusan tahun di Umbul Leses, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Boyolali patah. Batang berukuran besar dari cabang pohon Leses yang patah itu menimpa ruko mebel yang ada di sampingnya. Akibatnya, bangunan ruko tersebut rusak berat. Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di Umbul Guyangan, Bendan, Banyudono.
Halaman

(sip/sip)