Cek Kesiapan Angkutan Nataru, Dirut KAI Inspeksi Jalur Selatan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 21:59 WIB
Dirut PT KAI, Edi Sukmoro, di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (10/12/2019).  (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Dirut PT KAI, Edi Sukmoro, di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (10/12/2019). (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta - Dirut PT KAI, Edi Sukmoro, mengecek jalur kereta api menjelang masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pengecekan dilakukan di jalur selatan yang disebut masih ada titik rawan.

"Salah satu kesiapannya melakukan inspeksi ini mulai tanggal 10-12 (Desember) untuk mengetahui kesiapan dari masing-masing Daop, khususnya stasiun besar. Lalu juga melihat daerah rawan yang nantinya (dapat diambil) tindakan apa untuk mengantisipasi itu," kata Edi di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (10/12/2019) malam.


Menurutnya, ia akan melakukan inspeksi ke semua jalur KA, baik itu di sisi utara maupun selatan. Namun saat ini KAI tengah fokus ke jalur sisi selatan.

Cek Kesiapan Angkutan Nataru, Dirut KAI Inspeksi Jalur SelatanSuasana di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (10/12/2019). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Kereta api (KAI) selalu fokus ke keselamatan dan kenyamanan, dan perlu diketahui bahwa jalur di sisi selatan itu termasuk yang banyak punya titik rawan. Seperti rawan amblas, rawan longsor, rawan banjir termasuk rawan di perlintasan," ucap Edi.

"Oleh sebab itu, kita persiapkan satu persatu (untuk penanganan di titik rawan). Tapi khusus Daop 6, titik rawan sudah dicarikan solusinya, misal akibat genangan air, ternyata drainasenya tidak benar, maka Daop 6 sudah beresin, sehingga sudah tidak ada yang diragukan lagi saat operasi Natal dan Tahun Baru," sambungnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2