Hujan dan Angin Tumbangkan Pohon di Kudus, Seorang Warga Tertimpa

Akrom Hazami - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 17:21 WIB
Petugas mengevakuasi pohon tumbang di Desa Tergo, Dawe, Kudus, Selasa (10/12/2019). (Akrom Hazami/detikcom)
Kudus - Hujan disertai angin kencang melanda wilayah Desa Tergo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Akibatnya, sebuah pohon randu tumbang menimpa satu rumah dan seorang penghuninya.

Peristiwa itu terjadi di rumah milik Wagiman di Dukuh Sudo RT 4 RW 4, Desa Tergo. Pantauan di lokasi, pohon randu yang berusia tua itu tumbang ke arah rumah Wagiman. Akibatnya, genting hancur serta perabotan di dalam rumah ikut rusak.

Petugas BPBD, relawan, dan instansi terkait segera ke lokasi untuk melakukan penanganan.


Jamaludin (31), anggota keluarga Wagiman, mengatakan angin kencang beserta hujan melanda wilayahnya sekitar pukul 14.00 WIB tadi.

"Angin kencang membuat pohon tumbang. Kemudian menimpa rumah," kata dia di lokasi, Selasa (10/12/2019).

"Menimpa anggota keluarga saya, adik. Tapi nggak papa," terangnya.

Perangkat desa setempat, Mas'ud, mengatakan di wilayahnya ada laporan rumah lain yang terdampak hujan angin serta sejumlah pohon tumbang.


"Tadi hujan campur angin membuat rumah Pak Wagiman tertimpa pohon tumbang," kata Mas'ud.

"Selain rumah Pak Wagiman, di Dukuh Jengking juga ada bangunan dapur milik Ibu Rumani yang roboh. Puluhan pohon tumbang," ujarnya.

Sementara itu, data dari BPBD Kudus hingga petang ini, angin kencang terjadi di tujuh desa dan tersebar di dua kecamatan. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun puluhan rumah rusak dan puluhan pohon bertumbangan.

"Di Kecamatan Undaan, ada lima desa. Yakni Medini, Sambung, Wates, Larikrejo, dan Undaan Lor. Di Kecamatan Dawe ada di Desa Kandangmas dan Desa Tergo," kata Kepala BPBD Kudus Bergas Catursari Penanggungan dalam keterangannya.

Sampai sore ini, relawan, BPBD, instansi terkait, serta warga, masih melakukan penanganan. Adapun penanganan yang dilakukan yakni penanganan darurat untuk terdampak berat di Desa Tergo. Serta pengiriman peralatan pendukung ke lokasi terdampak.

"Penanganan darurat untuk yang terdampak berat di Desa Tergo, pengiriman peralatan pendukung ke lokasi terdampak," terang dia.

"Untuk wilayah Undaan dibantu Satgas PB Kecamatan dan TNI-Polri setempat," tambah dia.

Sementara seorang petugas Pusdalops BPBD Kudus Hartono ditemui saat sedang membantu penanganan rumah tertimpa pohon di Desa Tergo menjelaskan hujan dan angin kencang terjadi siang tadi sekitar pukul 13.30 WIB.

"Akibatnya terjadi kerusakan. Seperti pohon tumbang menimpa rumah sampai di jalan. Ada di Kecamatan Undaan dan Kecamatan Dawe," terang Hartono. (rih/rih)