Lurr...! Hari Ini Selasa Wage, Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor

Usman Hadi - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 07:14 WIB
Malioboro saat bebas kendaraan bermotor. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Malioboro saat bebas kendaraan bermotor. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Semi Pedestrian Malioboro Yogyakarta akan kembali bebas kendaraan bermotor hari ini. Konsep semi pedestrian itu merupakan bagian dari uji coba Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta dan DI Yogyakarta setiap Selasa Wage.

"Bertepatan dengan hari Selasa Wage, seperti yang sudah sedulur ketahui (hari ini) jalan Malioboro akan kembali bebas dari kendaraan bermotor," ujar Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji, Selasa (10/12/2019).


Selapan sekali atau 35 hari sekali, tepatnya pada Selasa Wage, Semi Pedestrian Malioboro memang disulap menjadi kawasan bebas bermotor. Hanya kendaraan nonmotor seperti andong, becak kayuh, sepeda ontel atau sepeda angin yang boleh lewat.

Adapun kendaraan bermotor yang boleh melewati Jalan Malioboro, Jalan Margo Mulyo atau Jalan Jenderal Ahmad Yani di kawasan Semi Pedestrian Malioboro hanyalah kendaraan umum seperti Trans Jogja dan kendaraan dinas seperti mobil patroli.


Ditya menuturkan, dalam uji coba Semi Pedestrian Malioboro kali ini akan ditampilkan sejumlah pentas kesenian dan kebudayaan yang dikoordinir oleh Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata DIY. Pentas itu akan tersaji di 11 titik sepanjang Malioboro.

"Akan ada banyak sekali kegiatan kesenian dan kebudayaan yang akan ditampilkan pada 11 titik tersebar di sepanjang jalan Malioboro, tentunya akan lebih menarik dan meriah," tuturnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, 11 titik pentas kesenian dan kebudayaan itu di antaranya berada di Inna Garuda, eks Kantor Dinas Pariwisata DIY, depan DPRD DIY, Pasar Beringharjo, Gerbang Ketandan, Plaza SO 1 Maret dan Gerbang Barat Kepatihan.



Tonton juga Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor, Seperti Ini Suasananya :

[Gambas:Video 20detik]

(ush/mbr)