2 Kabupaten di DIY Terdampak Angin Kencang, Paling Parah di Sleman

Usman Hadi - detikNews
Senin, 09 Des 2019 18:45 WIB
Rumah seorang warga di Sleman tertimpa pohon tumbang akibat diterjang angin kencang, Senin (9/12/2019). Foto: dok BPBD Sleman
Rumah seorang warga di Sleman tertimpa pohon tumbang akibat diterjang angin kencang, Senin (9/12/2019). Foto: dok BPBD Sleman
Sleman - Dua Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yakni Sleman dan Gunungkidul terdampak hujan disertai angin kencang. Dari dua Kabupaten itu wilayah terdampak paling parah berada di Sleman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana, mengatakan ada 28 titik wilayah terdampak angin kencang di Sleman. Sementara di Gunungkidul hanya satu titik saja.

"Kabupaten Sleman lokasi kejadian 28 titik (wilayah terdampak). Dampak kejadiannya pohon tumbang, rumah rusak, jaringan listrik putus, akses jalan tertutup," jelas Biwara dalam keterangannya, Senin (9/12/2019).


"Kabupaten Gunungkidul lokasi kejadiannya satu titik, dampak kejadian (angin kencang) rumah rusak," sambungnya.

Untuk Kabupaten Bantul dan Kulon Progo serta Kota Yogyakarta, lanjut Biwara, sampai pukul 17:30 WIB nihil kejadian. Kini pihaknya masih fokus melakukan penanganan di sejumlah wilayah terdampak di Sleman dan Gunungkidul.


"Penanganan saat ini masih berlangsung oleh petugas BPBD, instansi terkait, relawan dan masyarakat. Tindakan assessment kami yakni pembersihan jalan, pemotongan dan perbaikan jaringan listrik," pungkas dia.

Diberitakan sebelumnya, hujan disertai angin kencang kembali melanda wilayah Sleman hari ini. Akibat kejadian itu sejumlah pohon dan tiang listrik dilaporkan tumbang menimpa rumah serta mobil milik warga sekitar.





Simak juga video 3 Desa di Kudus Diterjang Angin Kencang, Puluhan Rumah Rusak:

[Gambas:Video 20detik]



(ush/sip)