Gempa M 5 di Gunungkidul, Warga: Mak Greg!

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 09 Des 2019 12:19 WIB
Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Gunungkidul - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,0 terjadi di Gunungkidul. Getaran gempa dirasakan warga di Kecamatan Playen. Begini kesaksiannya.

"Iya, tadi terasa saat di dalam rumah, mak greg (kaget) gitu, sekitar dua detiklah. Tapi karena gempa hanya sebentar, saya tidak sampai keluar dari rumah," kata Sunardi Wira saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Senin (9/12/2019).


Gempa berkekuatan M 5 ini terjadi pada pukul 10.47 WIB. Belum ada laporan soal dampak gempa ini.

"Benar, tapi getarannya tidak begitu terasa. Untuk kerusakan belum ada laporan masuk ke saya, tapi nanti coba saya cek di forum pengurangan risiko bencana yang ada di desa-desa," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul Edy Basuki.

Edy mengatakan gempa dengan kekuatan 3 SR memang kerap terjadi di Gunungkidul. Namun, karena pusat gempa jaraknya ratusan kilometer dan berada di laut, tidak semua warga merasakan dan berdampak pada bangunan.

"Biasanya di atas 5 (SR) baru terasa getarannya, dan kalau itu (getaran gempa) sampai daratan memang bisa berefek (terhadap bangunan)," ucapnya.

Gempa berkekuatan M 5 ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Pusat gempa ada di titik koordinat 9,03 Lintang Selatan dan 110,15 Bujur Timur atau 126 km arah barat daya dari Gunungkidul, Yogyakarta. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km. (ams/ams)