Tolak Proyek Waduk, Warga Kepung Bupati Brebes dan Gembosi Mobil Dinas

Imam Suripto - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 13:45 WIB
Aksi warga menolak proyek waduk, di kantor Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Sabtu (7/12/2019). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Aksi warga menolak proyek waduk, di kantor Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Sabtu (7/12/2019). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Warga dari beberapa desa di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, mengepung Bupati Brebes Idza Priyanti dan rombongan yang sedang melakukan kunjungan ke kantor kecamatan setempat. Aksi sempat memanas sehingga bupati terpaksa dievakuasi polisi melalui pintu belakang kantor kecamatan.

Aksi warga ini dilakukan secara spontan saat mengetahui bupati melakukan monitoring dana desa di aula Kecamatan Bantarkawung. Warga sengaja datang untuk menyampaikan aspirasi mereka soal penolakan terhadap rencana pembangunan waduk di Bantarkawung.

Selain membentangkan spanduk dan poster, warga juga membakar ban bekas di halaman kantor kecamatan. Mereka berteriak agar Pemkab Brebes membatalkan rencana pembangunan waduk di Bantarkawung.


Seorang warga, Wawan (43), mengatakan mereka meminta bertemu bupati untuk berbicara soal rencana pembangunan waduk. Warga secara tegas menolak proyek waduk dan mendesak bupati untuk membatalkannya.

"Kami diwakili 20 orang yang menemui Bupati. Tapi saat didesak untuk tanda tangan penolakan, Bupati tidak bersedia. Ini yang membuat warga marah dan memaksa masuk ke aula," ujar Wawan, Sabtu (7/12/2019).


Tolak Proyek Waduk, Warga Kepung Bupati Brebes dan Gembosi Mobil DinasWarga melakukan aksi penolakan proyek Waduk, di kantor Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Sabtu (7/12/2019). Foto: Imam Suripto/detikcom

Warga meminta bupati menemui mereka secara langsung di halaman kantor kecamatan. Situasi memanas ketika bupati tidak bersedia memenuhi tuntutan ini. Aksi dorong dengan petugas keamanan yang berjaga pun tak terhindarkan.

Karena situasi makin tak terkendali, Bupati Idza Priyanti dievakuasi melalui pintu belakang. Orang nomor satu di Brebes ini dibawa keluar menggunakan mobil polisi.

Simak Video "Jadi Saksi Kasus Muhtar Ependy, Eks Bupati Empat Lawang Akui Beri Suap"


Selanjutnya
Halaman
1 2