Cerita Jukir Tempat Mas-mas Baik Temukan Rp 2 Juta di ATM Bantul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 12:24 WIB
Lokasi ATM tempat Nurhuda menemukan uang Rp 2 juta di ATM. (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul - Kisah seorang pria yang berusaha mengembalikan uang Rp 2 juta yang ditemukannya di gerai ATM ramai di media sosial. Juru parkir yang bekerja di dekat ATM itu bercerita sering ada barang tertinggal di dalam bilik ATM di lokasi tersebut.

"Iya, Mas, memang ada yang menemukan uang di sini (ATM Jalan Pleret Km 2, Desa Potorono, Kecamatan Banguntapan, Bantul), tapi sudah beberapa hari lalu itu kejadiannya," ucap pria bernama Oki (24) saat ditemui di depan swalayan Amanda, Jalan Pleret Km 2, Desa Potorono, Kecamatan Banguntapan, Kamis (5/12/2019).

Menurutnya, penemuan uang tunai di dalam bilik ATM baru pertama kali terjadi. Meski begitu, dia sering mendapati barang-barang lain yang tertinggal di bilik ATM.


"Kalau uang yang tertinggal (di ATM) jarang, Mas, tapi kartu ATM, dompet, dan kacamata pernah beberapa kali dan biasanya sama yang masuk (ATM) berikutnya dititipin sini (tukang parkir). Nah, biasanya, setelah barang dititipkan, ada orang yang tanya, 'Mas, ada kartu ATM ketinggalan nggak.' Gitu, dan baru kita kasih," ucapnya.

"Tapi, kalau kemarin itu, (saat Nurhuda menemukan uang di ATM) sepertinya tidak bilang tukang parkir," imbuhnya.


Terlepas dari hal tersebut, ia sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Nurhuda. Menurutnya, orang seperti Nurhuda saat ini sangat jarang ia temui.

"Kalau saya pribadi, salut sama masnya itu (Nurhuda), karena jujur dan 1 banding 1.000 orang yang seperti itu," kata Oki.

Diberitakan sebelumnya, Nurhuda kini telah mengembalikan uang tersebut kepada pihak bank.

Warga Dusun Bintaran, Desa Jambidan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, ini menjelaskan penemuan itu berawal saat ia hendak menarik uang tunai di ATM pada Sabtu (30/11). Namun, ketika hendak memasukkan kartu ATM, Nurhuda mendapati layar ATM masih menunjukkan proses transaksi.

"Saya kira ATM orang ketinggalan. Terus saya tekan Cancel (pada layar ATM) kok tidak keluar kartu ATM-nya, dan malah keluar uang Rp 2 juta itu," sambung Nurhuda.

Nurhuda kemudian menyerahkan uang itu ke kantor bank pada Selasa (3/12).

"Sampai sana saya membuat berita acara dan langsung kembalikan uang itu ke bank, tidak tahu uangnya langsung disetor ke orangnya apa nggak. Yang jelas sudah saya kembalikan," sambung Nurhuda. (sip/sip)