Ganjar Tak Permasalahkan Bupati Karanganyar Pakai Mobdin Nyaris Rp 2 M

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 10:35 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo di Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi penggunaan Jeep Wrangler Rubicon untuk mobil dinas Bupati Karanganyar. Ganjar pun tidak mempermasalahkan selama kondisi keuangan pemerintah daerah mampu.

"Yo rapopo (ya tidak apa-apa). Kalau memang keuangannya mampu ya nggak apa-apa," kata Ganjar usai membuka Bursa Kerja Inklusif di Solo, Kamis (5/12/2019).

Dia pun menyebut pemilihan Rubicon untuk mobil dinas tidak melanggar peraturan. "Boleh-boleh saja," ujar politisi PDIP itu.


Ditanya soal mobil dinas gubernur yang tak semahal Rubicon, Ganjar enggan berkomentar. Dia mengaku tak ingin terprovokasi akan hal tersebut.

"Alah provokator," ujarnya lalu tertawa.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Karanganyar bersama DPRD Karanganyar telah selesai melakukan lelang pembelian mobil dinas Rubicon. Mobil 2.000 cc tersebut dibeli seharga Rp 1,9 miliar dari APBD Perubahan 2019.


Alasan pemilihan Rubicon ialah terkait kondisi geografis Kabupaten Karanganyar. Karena terletak di lereng Gunung Lawu, banyak daerah di Karanganyar yang harus ditempuh lewat tanjakan, turunan yang tajam dan terjal.

"Kalau mobil ini kan jenisnya cocok untuk kondisi Karanganyar. Banyak pegunungan dan daerah yang terjal," ungkap Plt Kepala Badan Keuangan (BKD) Kabupaten Karanganyar, Narimo, Rabu (4/12). (bai/sip)