Angin Kencang Rusak Rumah dan Pohon di Grobogan, Satu Orang Luka

Angin Kencang Rusak Rumah dan Pohon di Grobogan, Satu Orang Luka

Akrom Hazami - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 22:01 WIB
Angin kencang terjang Desa Sambung, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Rabu (4/12/2019). Foto: Istimewa
Angin kencang terjang Desa Sambung, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Rabu (4/12/2019). Foto: Istimewa
Grobogan - Angin kencang melanda sejumlah desa di Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (4/12/2019) petang. Akibatnya rumah warga dilaporkan rusak dan satu orang luka tertimpa reruntuhan.

Seorang warga terdampak di Dusun Rojo, Desa Sambung, Tri Lidyaningsih (33), mengatakan rumahnya yang berbahan kayu jati roboh setelah diterjang angin kencang sekitar pukul 17.30 WIB.

"Rumah saya roboh kenan angin jam 17.00-an sore tadi. Cepat sekali kejadiannya," kata Tri saat dihubungi lewat telepon, Rabu malam.


Tri menjelaskan, rumahnya kini rata dengan tanah. Praktis seluruh isi rumah pun ikut tertimpa reruntuhan. Beruntung saat kejadian dia bersama dua anaknya tinggal di rumah yang berada di dusun sebelah.

Saat kejadian, kata dia, angin berembus dari timur ke barat disertai hujan dan petir. Tak lama kemudian, angin kencang menerjang permukiman Dusun Rojo. Kebetulan rumahnya berjauhan dengan kediaman tetangga sekitar.

Ketika angin kencang datang, hanya rumahnya yang terdampak. Sedangkan rumah tetangga hanya atapnya yang beterbangan.

"Kalau rumah tetangga, atapnya yang beterbangan ada sekitar puluhan rumah. Kalau yang roboh di dusun ini ya hanya rumah saya," jelasnya.

Angin Kencang Rusak Rumah dan Pohon di Grobogan, Satu Orang LukaAngin kencang terjang Desa Sambung, Kecamatan Godong, Grobogan, Rabu (4/12/2019). Foto: Istimewa

Camat Godong, Bambang Haryono, menjelaskan angin kencang di kecamatannya mengakibatkan rumah warga rusak serta menumbangkan pohon.

"Terjadi bencana alam terjangan angin puting beliung yang melanda di wilayah Kecamatan Godong hingga mengakibatkan beberapa rumah roboh dan menumbangkan pohon," jelasnya melalui pesan singkat.


Dari data yang tercatat, di Desa Sambung terdapat satu rumah rata dengan tanah dan pohon tumbang menimpa rumah warga.

"Desa Ketangirejo merobohkan sebuah rumah rata dengan tanah di RT 07 RW 01 Dusun Tlongso. Di Desa Anggaswangi merobohkan sebuah rumah rata Dusun Grengseng di RT 02 RW 01. Ada satu orang korban tertimpa kayu hingga membuat lengan tangan patah, saat ini dirujuk ke RSU Purwodadi. Korban bernama Tuminem," terangnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, angin kencang juga merobohkan puluhan pohon yang berada di sepanjang jalan raya Godong-Karangrayung hingga jalan raya tersebut tidak bisa dilintasi kendaraan.
Halaman

(rih/rih)