Jawab Ganjar Soal Daging Anjing, FX Rudy: Perda Bukan Solusi

Jawab Ganjar Soal Daging Anjing, FX Rudy: Perda Bukan Solusi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 15:36 WIB
Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa
Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa
Solo - Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menanggapi arahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkait regulasi yang mengatur daging anjing. Rudy menilai perda bukanlah solusi utama untuk menyetop peredaran daging anjing.

Rudy mengaku dapat dengan mudah melarang warung-warung berjualan sate guguk atau jenis olahan daging anjing lainnya. Namun dia masih belum menemukan solusi yang tepat menangani masalah itu.

"Ini mesti kita carikan solusi karena mereka punya keluarga, butuh makan, menyekolahkan anak. Jangan sampai nanti justru dengan adanya pelarangan dan sebagainya justru akan menambah beban bagi pemerintah," kata Rudy di Balai Kota Surakarta, Rabu (4/12/2019).


Rudy menilai memberikan ganti rugi penutupan warung juga bukan solusi. Langkah tersebut dia nilai hanya sebagai solusi jangka pendek.

"Kalau cuma ganti rugi ya selesai sejak kemarin. Tapi kalau ditutup, hanya ganti rugi kan hanya sekejap. Namun jangka panjangnya kan mereka akan kerja apa. Itu yang harus dipikirkan," katanya.

Politisi PDIP itu menilai perda dapat dengan mudah disusun. Namun sebelum itu, dia harus memastikan sudah ada solusi yang tepat bagi pedagang olahan daging anjing.

"Ini tidak perlu kita berdebat sampai ke arah cantolan hukum atau apa, namun bagaimana solusinya. Perda itu bisa dipikir paling akhir," kata Rudy.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3