13 Ribu Anjing Dikonsumsi di Solo Raya, Ganjar Minta Ada Perda Larangan

13 Ribu Anjing Dikonsumsi di Solo Raya, Ganjar Minta Ada Perda Larangan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 12:44 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menginstruksikan pemerintahan daerah di Solo Raya membuat aturan jelas soal konsumsi daging anjing. Karena tercatat ada 13.700 anjing dikonsumsi tiap bulannya di wilayah tersebut.

Data tersebut diperoleh dari Dog Meet Free Indonesia (DMFI) yang bertemu Ganjar hari Selasa (4/12). Di Solo saja menurut DMFI tercatat ada 82 warung yang menyajikan olahan daging anjing sedangkan di Solo Raya ada 100 warung lebih.

"Kita mesti mendorong Pemerintah Kota Solo untuk membuat aturan yang tegas, DPRD-nya membuat regulasi yang melarang orang makan atau berjualan daging anjing," kata Ganjar kepada wartawan, Rabu (4/12/2019).

Ia menjelaskan, anjing bukanlah binatang untuk dikonsumsi dan sudah diatur dalam perundang-undangan, yakni Undang-undang No 18 tahun 2012 tentang Pangan. Pada Pasal (1) mengatakan bahwa anjing tidak termasuk dalam makanan konsumsi karena bukan merupakan sumber hayati produk peternakan, kehutanan atau jenis lainnya.


"Undang-undang juga tidak membolehkan. Umpama beberapa kabupaten menginisiasi melarang, yang lain ikutan. Nanti biar kepala dinas saya memanggil dinas-dinas terkait," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2