detikNews
2019/12/02 19:04:06 WIB

SMPN 3 Solo Dipindah Pinggir Kota, Wali Murid Keluhkan Transportasi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
SMPN 3 Solo Dipindah Pinggir Kota, Wali Murid Keluhkan Transportasi Orang tua murid SMPN 3 Surakarta menolak pemindahan kelas 8 dan 9 ke sekolah baru. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Pemkot Surakarta berencana memindah SMPN 3 Surakarta dari Kelurahan Timuran yang berada di tengah kota menjadi ke Kelurahan Karangasem yang berada di pinggiran kota. Rencana ini mendapat penolakan dari wali murid menolak rencana tersebut karena kesulitan masalah transportasi.

Salah satu wali murid kelas 8, Hendratno, mengatakan pemindahan tersebut tidak sesuai dengan semangat zonasi yang diprogramkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebab hampir seluruh siswa kelas 8 dan 9 tinggal dekat dengan sekolah.

"Kalau anak saya dulu mendaftar masuk lewat jalur luar kota. Rumah saya di Jaten, Karanganyar. Mau ke Timuran saja jauh, apalagi ke Karangasem," kata Hendratno, Senin (2/12/2019).

Jarak antara sekolah lama dengan yang baru kira-kira 6 km. Masalahnya, tidak ada transportasi umum yang melintasi sekolah yang baru.


"Katanya nanti ada angkutan feeder. Tapi jumlahnya berapa? Apa bisa menampung seluruh siswa? Kalau tidak cukup, nanti ujungnya orang tua juga yang mengantar. Padahal semangat zonasi itu mendekatkan rumah dengan sekolah," ujarnya.

Menurutnya, sekolah baru satu kali memberikan sosialisasi. Itu pun, kata dia, wali murid merasa tidak mendapatkan kesempatan bertanya dalam forum itu.

"Maka kami dua hari ini mengumpulkan petisi dari orang tua murid. Kami hanya minta beraudiensi saja dengan Wali Kota Surakarta," katanya.

Sementara itu, orang tua murid kelas 9, Ook Santosa, berharap pemkot memindahkan secara bertahap. Kelas 8 dan 9 diharapkan bisa tetap di sekolah lama sampai lulus.


Tonton juga Gibran Temui Ketua PDIP Surakarta Tanya Mekanisme Maju Pilkada :




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com