detikNews
Senin 02 Desember 2019, 17:22 WIB

Mahasiswa Terperosok Saat Jadi Imam, Kok Bisa Ada Sumur di Bawah Musala?

Pradito Rida Pertana - detikNews
Mahasiswa Terperosok Saat Jadi Imam, Kok Bisa Ada Sumur di Bawah Musala? Tempat imam musala Pesantren Ilmu Giri Bantul yang di bawahnya terdapat sumur, Senin (2/12/2019). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Seorang mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sirajul Milal (22), meninggal usai terperosok ke dalam sumur saat mengimami salat Isya berjemaah di di musala Pesantren Ilmu Giri, Imogiri, Bantul. Lokasi sumur persis berada di bawah tempat imam musala.

Warga setempat sekaligus saksi yang menolong Milal saat kejadian, Wardoyo (35), menjelaskan kenapa ada sumur di bawah musala tersebut.

"Sumurnya lebih dulu dibangun, jadi dari dulu sudah ada sumur," kata Wardoyo saat ditemui wartawan di rumahnya, Senin (2/12/2019).


Sumur tersebut dipakai untuk kebutuhan air Pesantren Ilmu Giri. Seiring waktu, sumur kerap kemasukan sampah. Hingga akhirnya dibangun musala di atas lubang sumur.

"Dari dulu sudah ada sumur dan di atasnya musala, nutupi agar tidak ada sampah masuk," jelasnya.


Lokasi Mahasiswa Terperosok Saat Imam, Kok Bisa Ada Sumur di Bawah Musala?Musala Pesantren Ilmu Giri, Imogiri, Bantul, Senin (2/12/2019). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Sejak awal dibangun pada tahun 2005, konstruksi musala disebutnya memang terbuat dari bambu. Musala sudah tiga kali direnovasi, yang terakhir dua tahun lalu.

Wardoyo mengaku musala itu aktif dipakai untuk kegiatan.


"Beberapa kali sering digunakan musala itu, kalau ada acara. Warga juga pakai tapi nggak sering. Biasanya kalau ada maba (mahasiswa baru) dibawa ke sini untuk acara," imbuhnya.


(rih/rih)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com