Limbah Beracun Cemari Pekarangan di Brebes, DLH Temukan Segel Perusahaan

Imam Suripto - detikNews
Senin, 02 Des 2019 13:17 WIB
Limbah cair beracun kategori B3 dibuang di pekarangan warga di Brebes, Senin (2/12/2019). Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Limbah cair kategori B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) dibuang dan mencemari pekarangan warga di Dukuh Satir, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah. Di lokasi pembuangan limbah ini, ditemukan segel tertulis PT Rayon Utama Makmur.

Limbah cair berwarna kuning kecoklatan ini mencemari pekarangan milik Karso (59) yang berdekatan dengan bantaran Kali Pedes. Cairan berbau menyengat ini, menurut Karso menyebabkan pohon-pohon di pekarangan mati dan juga menimbulkan sesak napas bagi yang menghirupnya.

"Dibuangnya di pekarangan saya. Bau sangat menyengat dan bisa membuat sesak napas. Limbah ini merusak tanaman karena pada mati. Tanah yang terkena limbah ini juga ikut terbakar," ujar Karso, Senin (2/12/2019).



Limbah Kimia Berbahaya Dibuang Sembarangan di Brebes, Segel PT. RUM Ditemukan di LokasiLimbah cair beracun kategori B3 dibuang di pekarangan warga di Brebes, Senin (2/12/2019). Foto: Imam Suripto/detikcom

Pria yang memiliki warung di dekat lokasi kejadian ini mengaku tidak mengetahui siapa yang membuang limbah tersebut. Karena dimungkinkan dibuang saat kondisi sedang sepi sehingga tidak diketahui warga.

"Paling mungkin dibuang pada malam hari. Kalau menurut cerita warga, sudah ketiga kalinya limbah ini dicurahkan di pekarangan sini," lanjut Karso.
Selanjutnya
Halaman
1 2