Camat yang Bikin dan Unggah Video Mesum Terancam Dipecat Sebagai ASN

Aris Arianto - detikNews
Senin, 02 Des 2019 11:39 WIB
Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri. Foto: Aris Arianto/detikcom
Wonogiri - Sunarto yang membuat dan mengunggah video mesum telah dipecat sebagai Camat Karangtengah, Wonogiri. Kini dia juga terancam dipecat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan tidak hormat.

"Kalau memang harus PTDH (pemberhentian tidak dengan hormat) itu adalah konsekuensi dari sikap dan tindakannya. Yang pasti, Pemkab akan mengambil langkah sesuai dengan proporsinya," ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Haryono kepada wartawan di ruangannya, Senin (2/12/2019).

Dia menyebutkan, apa yang dilakukan Sunarto bisa tergolong tindakan melanggar disiplin berat ASN. Pelanggaran untuk kategori ini bisa sampai pada pemecatan tergantung hasil akhir proses hukum nantinya dan dinyatakan bersalah.


Haryono memastikan tim Pemkab akan menangani kasus tersebut setelah proses hukum yang dihadapi Sunarto rampung. Saat ini proses hukum masih berlangsung Polda Jateng.

"Kami terus terang sangat prihatin dengan masalah ini. Ini menyangkut nama baik Wonogiri. Tapi bagaimanapun juga kami memegang asas praduga tak bersalah. Jadi menunggu dulu proses hukumnya selesai," kata dia.

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolan Keuangan dan Aset Daerah itu mengaku sebelumnya sudah memanggil Sunarto untuk dimintai klarifikasi. Sayangnya, saat itu Sunarto belum diketahui keberadaannya. BKD juga sudah menghubungi melalui telepon namun tidak bisa tersambung. BKD lantas menggali informasi dari pegawai Kecamatan Karangtengah.

Padahal saat itu ada kabar warga bakal menggelar demo merespons ulah Sunarto. Kemudian Bupati mengambil langkah cepat untuk menghindari gesekan di Karangtengah dengan melepas jabatan sebagai camat.

Selanjutnya
Halaman
1 2