ADVERTISEMENT

Semangat Hikmat, Guru Difabel yang Mengajar Naik Skateboard

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 14:29 WIB
Muhamad Hikmat (26), difabel guru di SLB Negeri Batang, Jumat (29/11/2019). Foto: Robby Bernardi/detikcom
Batang - Namanya Muhamad Hikmat (26), warga asal Sukabumi, Jawa Barat. Pemuda difabel tak mempunyai dua kaki sejak lahir ini sekarang berdomisili di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Tak berlebihan jika perjalanan hidup Hikmat dijadikan inspirasi. Hikmat menjadi salah satu bukti bahwa dengan kondisi keterbatasan fisik tak lantas menghambat diri untuk berkarya.

Hikmat pun bersedia membagikan sedikit kisahnya kepada detikcom.

"Sejak lahir seperti ini. Diagnosa dokter katanya gangguan perkembangan janin dari kandungan, karena tidak tahu tengah hamil kemudian (ibu) mengonsumsi pil KB," kata Hikmat, Jumat (29/11/2019).


Hikmat bercerita, sebagai penyandang disabilitas memang sempat membuatnya down saat memasuki awal masa remaja.

"Kenapa saya berbeda dengan teman-teman lainnya, saya sekolah di sekolah umum. Saat remaja sempat down seperti itu," tutur Hikmat.

Namun, hal itu tak lantas membuatnya larut dalam kesedihan. Hikmat termotivasi untuk terus belajar hingga akhirnya bisa menuntaskan pendidikan di Universitas Islam Nusantara Bandung pada tahun 2017. Ia kini bergelar sarjana Pendidikan Luar Biasa.


Mengenal Hikmat, Guru Difabel yang Mengajar Naik SkateboardMuhamad Hikmat (26), seorang difabel yang menjadi guru di SLB Negeri Batang, Jumat (29/11/2019). Foto: Robby Bernardi/detikcom

Dan kini, Hikmat menjadi guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Batang dengan status CPNS. Kecintaannya pada anak-anak berkebutuhan khusus pun mulai muncul saat dirinya berkesempatan untuk mengajar di SLB.

"Saya kuliah sambil mengajar di Bandung. Mengajar anak-anak di SLB. Dari sinilah saya mulai mencintai anak-anak ini," kata Hikmat.

"Cita-cita saya sebenarnya ingin jadi tentara sejak kecil. Menjadi guru itu semenjak saya lulus SMA dan tahu (ada) SLB. Saya dulu sekolahnya di umum soalnya," lanjutnya.


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT