Segera Dibangun, Pasar Klewer Timur Ada di Bawah Tanah

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 18:07 WIB
Desain Pasar Klewer sisi timur yang beratap ruang terbuka. Foto: Dok Pemkot Surakarta
Solo - Pemkot Surakarta memastikan pembangunan Pasar Klewer sisi timur akan segera dimulai. Desain bangunan Pasar Klewer sisi timur yang baru pun telah disosialisasikan kepada pedagang.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta, Heru Sunardi, mengatakan pasar nantinya dibangun dua lantai di bawah tanah. Dua lantai tersebut ialah basement dan semi-basement.

"Lantai basement digunakan untuk parkir sepeda motor. Lantai semi-basement digunakan untuk menampung 543 kios," kata Heru kepada wartawan di Balai Kota Surakarta, Kamis (28/11/2019).


Dia mengungkapkan lantai semi-basement sebagian akan muncul di atas permukaan tanah. Bagian tersebut dimanfaatkan sebagai ventilasi sekaligus jalan masuk cahaya matahari.

Desain Pasar Klewer sisi timur yang beratap ruang terbuka.Desain Pasar Klewer sisi timur yang beratap ruang terbuka. Foto: Dok Pemkot Surakarta

"Konsepnya memang hemat energi dan ramah lingkungan. Jadi kita lebih banyak manfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan pasar," ujar dia.

Sedangkan atap Pasar Klewer sisi timur akan digunakan sebagai ruang terbuka. Ada beberapa pohon yang akan ditanam di atas pasar tersebut.