Ini Dia 'Peralatan Perang' Damkar untuk OTT Sarang Tawon Vespa

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 17:02 WIB
Korlap Damkar Pemalang Sonhaji menunjukkan alat untuk membasmi sarang tawon Vespa. (Robby Bernardi/detikcom)
Pemalang - Serangan teror tawon Vespa affinis atau tawon endhas membuat petugas pemadam kebakaran (damkar) harus bersiaga. Koordinator Lapangan Damkar Kabupaten Pemalang Sonhaji membeberkan kiat hingga peralatan yang disiapkan untuk menghancurkan sarang tawon.

"Kami baru tahun 2018 menangani itu. Dan biasanya kami lakukan pada malam hari dengan peralatan yang kami buat sendiri," kata Sonhaji kepada detikcom, Kamis (28/11/2019).

Selain menggunakan pakaian khusus pemadam kebakaran, kini ada tambahan pelindung kepala yang bentuknya seperti jaring memanjang sebahu. Alat itu berupa sepaket pelindung kepala hingga sampai bahu yang terdapat helm di dalamnya.


"Selain itu, kami memodifikasi alat sendiri. Ada tabung gasnya, selang sepanjang 10 meter dan ujungnya berupa stik (selang besi)," kata Sonhaji.

Salat satu alat untuk membasmi sarang tawon Vespa yang dimiliki Damkar Pemalang. Salat satu alat untuk membasmi sarang tawon Vespa yang dimiliki Damkar Pemalang. (Robby Bernardi/detikcom)

Sonhaji menjelaskan pembasmian sarang tawon sengaja dilakukan pada malam hari. Sebab, tawon-tawon berkumpul dalam sarangnya saat malam hari.

"Kalau siang sebagian tawon tidak berada di sarang. Tawon-tawon pergi belum pada pulang," katanya.