Latihan Silat Berujung Maut, Polisi Periksa Internal Perguruan

Andika Tarmy - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 16:54 WIB
Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan, Kamis (28/11/2019). (Andika Tarmy/detikcom)
Sragen - Polres Sragen terus mendalami kasus tewasnya MAM (13) saat mengikuti latihan perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Sragen. Kini polisi berfokus memeriksa kalangan internal perguruan silat tersebut.

"Ini penyelidikan lebih lanjut. Jadi penyelidikan yang pertama sudah, kami temukan tindak pidana, sudah kami lanjut ke penyidikan. Sekarang sedang penyelidikan tahap kedua untuk mengecek latar belakang terjadinya perkara ini," kata Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan saat ditemui wartawan di sela kegiatan di kantor KPPN Sragen, Kamis (28/11/2019).


Penyelidikan tahap kedua, lanjut Yimmy, berfokus mendalami ketentuan internal perguruan silat. Terutama terkait latar belakang penunjukan tersangka F (16) sebagai pelatih, apakah yang bersangkutan memang layak menjadi pelatih. Jika nantinya ditemukan adanya pelanggaran, temuan ini akan menjadi bahan pertimbangan penyidik.

"Berkas pertama tetap jalan, sembari kami tanya ke lingkup internal mereka. Apakah ada sertifikasi (pelatih) di lingkungan mereka. (Aturan) yang berlaku seperti apa. Penunjukan yang bersangkutan dasarnya apa. Kalau semua bisa melatih, terus dasar melatih seperti apa. Kalau memang ada yang tidak sesuai, akan jadi hasil evaluasi kami lebih lanjut. Tentunya akan kami gelar perkara dulu," jelas Yimmy.
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2