Dalam Sepekan, Damkar Brebes Musnahkan 39 Sarang Tawon Vespa

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 15:49 WIB
Sarang tawon Vespa di Brebes, Kamis (28/11/2019). (Imam Suripto/detikcom)
Sarang tawon Vespa di Brebes, Kamis (28/11/2019). (Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Petugas pemadam kebakaran memusnahkan 39 sarang tawon Vespa affinis di Kabupaten Brebes dalam sepekan terakhir. Warga semakin banyak yang melapor terkait keberadaan sarang tawon yang juga dijuluki tawon endhas itu.

Data yang tercatat Bidang Damkar Satpol PP Brebes menyebutkan, sebaran 39 sarang tawon Vespa yang dimusnahkan itu sebanyak 25 sarang berada di wilayah sektor Brebes, 6 di sektor Ketanggungan, dan 8 di wilayah sektor Bumiayu.

Kabid Damkar Satpol PP Brebes Sujadi menjelaskan laporan warga soal keberadaan sarang tawon meningkat sejak sepekan lalu, terutama setelah jatuh korban akibat sengatan tawon Vespa.

"Sudah kami tangani. Semuanya ada 39 sarang tawon dari wilayah sektor Brebes, Ketanggungan, dan Bumiayu," kata Sujadi saat ditemui, Kamis (28/11/2019).


Petugas Damkar, kata Sujadi, kerap kesulitan menangani sarang tawon ini. Alasannya, tidak sedikit sarang berada di lokasi yang tersembunyi dan sulit dijangkau, seperti di antara genting dan plafon rumah atau terselip di antara batang pohon.

"Kalau berada di antara genting dan plafon, terpaksa kami jebol. Untuk sarang di pohon dan terselip di antara batang, terpaksa gunakan tangga seadanya untuk naik," terang dia.
Selanjutnya
Halaman
1 2