Waspada! Tawon Vespa Mulai Menyebar ke Colomadu Karanganyar

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 16:30 WIB
Relawan Tebas memusnahkan sarang tawon Vespa di kawasan Colomadu, Karanganyar. (Foto: dok. Tebas)
Karanganyar - Tawon jenis Vespa affinis sudah menewaskan beberapa orang, antara lain di Kabupaten Klaten. Kini tawon tersebut mulai menyebar ke daerah sekitarnya, seperti di Kecamatan Colomadu, Karanganyar.

Selain oleh petugas pemadam kebakaran (damkar), masalah tawon ditangani oleh relawan Tim Pembasmi Tawon (Tebas). Dalam bulan ini, relawan tersebut menangani delapan titik di Colomadu.

"Sudah lumayan banyak merebak di Colomadu, tapi memang nggak sebanyak di Klaten. Tapi menyebar di sejumlah daerah di sekitar Klaten. Bulan ini ada sampai delapan titik yang kami tangani," kata anggota Tebas, Himawan Agung Hartanto, Selasa (26/11/2019).


Menurutnya, ukuran sarang yang dia eksekusi bervariasi. Di tempat yang agak sepi, sarang tawon berukuran besar. Sedangkan di tempat ramai, sarang tawon berukuran kecil.

"Kami biasa menangani dengan cara manual. Pakai semprotan bikin sendiri, pakai bensin. Lalu sarang kami semprot. Dalam beberapa detik, (tawon) langsung mati. Setelah itu sarang kami singkirkan agar tawon tidak kembali lagi," ujar dia.


Tawon Vespa Mulai Menyebar ke Colomadu KaranganyarRelawan Tebas memusnahkan sarang tawon Vespa di kawasan Colomadu, Karanganyar. (Foto: dok. Tebas)

Tebas bermarkas di kantor Kecamatan Colomadu. Namun Tebas tak hanya mengeksekusi tawon di wilayah Colomadu, tapi juga di Boyolali dan Kartasura (Sukoharjo).

"Area kami tidak terfokus di Colomadu. Ketika ada laporan, ya kami kerjakan. Kalau lokasinya di Boyolali yang jauh dari lokasi kami, ya kami koordinasikan ke relawan yang dekat sana," tutupnya.