Pidato Mendikbud Nadiem Viral, Sultan HB X: Lihat Utuh Programnya

Usman Hadi - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 15:44 WIB
Sultan HB X (Lamhot Aritonang/detikcom)
Yogyakarta - Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim pada hari guru viral di media sosial. Bagaimana respons Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X terkait hal tersebut?

Sultan mengaku belum membaca secara utuh pidato Nadiem. Menanggapi viralnya pidato mantan CEO Gojek itu, Sultan mengajak masyarakat melihat dan menanti program menteri milenial tersebut.

"Saya nggak tahu (viralnya pidato Mendikbud Nadiem), kita lihat saja utuhnya gimana program itu," jelas Sultan kepada wartawan seusai peringatan HUT PGRI ke-74 di GOR Amongrogo Yogyakarta, Senin (25/11/2019).


Sementara itu, terkait dunia pendidikan, kata Sultan, selama ini guru lebih berperan memberikan pendampingan kepada muridnya, bukan pengajar. Hal itu terjadi karena sudah berjalannya komputerisasi di sekolah-sekolah.

"Sekarang dengan sistem komputer, guru itu tidak ngajar, tapi memfasilitasi, mendampingi murid untuk ngerti IT. Bukan mengajar lagi pengertiannya, jadi pendamping. Materinya kan ada di dalam IT," paparnya.


Diberitakan sebelumnya, pidato Mendikbud Nadiem pada Hari Guru viral di medsos. Pidato itu viral karena hanya terdiri atas dua halaman dan isinya tak seperti pidato pada Hari Guru sebelumnya. Banyak yang mengapresiasi pidato Nadiem. (ush/mbr)