Ada 400 Sarang Tawon Vespa Dimusnahkan di Sukoharjo Selama 2019

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 14:21 WIB
Penanganan sarang tawon ndhas di Sukoharjo (Foto: dok. Damkar Sukoharjo)
Penanganan sarang tawon ndhas di Sukoharjo (Foto: dok. Damkar Sukoharjo)
Sukoharjo - Tawon Vespa affinis tak hanya merebak di Kabupaten Klaten. Di Kabupaten Sukoharjo yang berbatasan dengan Klaten pun diklaim ada 400-an titik sarang tawon Vespa atau tawon ndhas ini.

Jumlah tersebut berdasarkan banyaknya laporan masyarakat yang masuk ke petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Sukoharjo pada 2019.

Kabid Damkar Satpol PP Sukoharjo Margono mengatakan 400-an titik itu tersebar di seluruh wilayah Sukoharjo. Menurutnya, ada beberapa laporan yang sudah antre untuk dieksekusi.

"Di Sukoharjo sebenarnya juga cukup banyak. Tahun ini sudah ada 400 titik kita musnahkan. Terakhir kemarin malam kita eksekusi. Ini masih ada beberapa laporan yang mengantre," kata Margono saat dihubungi detikcom, Senin (25/11/2019).


Tahun ini pihaknya tidak menerima laporan adanya korban meninggal tersengat tawon Vespa di Sukoharjo. Namun ada beberapa warga yang tersengat tawon.

"Kami mulai menangani tawon tahun 2015. Korban meninggal ada, tahun 2018 kemarin. Kalau yang tersengat ada, biasanya jika tidak parah tidak melapor," ungkap Margono.

Pihaknya memperkirakan koloni tawon Vespa masih berpotensi menyebar ke daerah Sukoharjo dan sekitarnya. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk melapor jika mengetahui keberadaan tawon itu.

"Berdasarkan pengalaman, ini kemungkinan sebarannya semakin luas dan banyak. Masyarakat silakan melaporkan kepada kami jika mengetahui sarang tawon ini," pungkasnya.
Halaman

(bai/sip)